Selasa, 26 Juli 2011

Cara Memperjelas Hasil Foto Dari Kamera HP


Seperti yang sudah saya bahas pada artikel saya sebelumnya yang ada disini. Untuk membuat foto kita yang jelek atau penuh dengan bintik-bintik akibat dari hasil jepretan dari kamera HP dan kamera digital dengan pixel rendah, kita tidak perlu dengan susah payah harus melakukan beberapa pengaturan pada Adobe Photoshop. Bagi anda yang jago dengan Photoshop hal ini bukanlah merupakan hal yang sulit, tetapi bagi anda yang awam dengan makhluk yang namanya Photoshop pasti akan kebingungan.
Apalagi bagi anda yang bekerja di Percetakan bagian Desain Grafis pasti akan suntuk juga kalo harus edit foto yang seperti itu. Karena waktu anda akan terbuang banyak hanya untuk mengedit 1 foto, itu kalau foto yang jelek cuma 1 kalau ada 10 bahkan lebih pasti akan ribet juga. Apalagi jika pada saat itu pekerjaan juga sedang banyak. Pasti orang yang antri untuk sekedar setting atau desain ditempat anda akan bosan juga harus menunggu anda mengedit foto yang jelek itu. Bagi yang photoholic dan suka memasang foto di Friendster tetapi dengan fasilitas yang (maaf) pas-pasan, hanya punya kamera dari kamera HP tetapi tidak pakai yang 3.2 Megapixel atau bahkan yang 5 Megapixel pasti akan kecewa karena hasilnya yang jelek penuh dengan bintik-bintik. Foto yang jelek penuh dengan bintik-bintik itu bisa dibersihkan agar bisa menjadi lebih bagus. Bagaimana caranya….?
Jika anda membaca artikel saya yang sebelumnya yang ada disini pada gambar artikel tersebut bintik-bintik yang ada cuma sedikit atau bahkan tidak tampak. Mungkin anda penasaran dan bertanya-tanya apa mungkin jika bintik-bintik itu ada banyak diseluruh gambar bisa dibersihkan…..? Jawabannya adalah BISA. Kalau anda tidak percaya anda lihat gambar saya dibawah ini yang sebelumnya penuh dengan bintik-bintik bisa menjadi bersih



Untuk membuat foto anda menjadi seperti gambar yang disebelah kanan saya tetap menggunanakan plugin dari Photoshop yaitu Noiseware Professional V4.1.1.0 for Adobe Photoshop. Jika pada gambar pada artikel saya yang pertama anda hanya perlu untuk 1 klik saja gambar sudah jadi lebih bagus. Sedangkan untuk gambar saya yang diatas anda juga tidak terlalu ribet untuk mengaturnya. Ketika anda menghadapi gambar yang seperti diatas sebelah kiri saya berikan tips untuk anda agar dapat mengedit gambar tersebut bisa menjadi seperti yang disebelah kanan.  Dan perlu anda ketahui juga gambar diatas saya ambil melalui media scanner dan pasti kualitas juga akan turun, tetapi saya masih bisa menghasilkan gambar seperti yang ada di sebelah kanan. Untuk bisa menghasilkan gambar yang seperti di sebelah kanan sebelumnya anda harus download dulu pluginnya yang ada disini.
Hanya sekedar kasih info saja semua file download gratis yang ada di blog ini diletakkan di server ziddu, apabila anda menginginkan download dari ziddu lebih cepat dan tidak terputus pada saat download baca tutorialnya yang ada disini.
Biar bisa langsung praktek aku kasih tutorial sekalian
Cara Instalasi Plug-Ins :
1. Ekstrak file Noiseware Professional V4.1.1.0 for Adobe Photoshop.
2. Instal Plugin tersebut kalau bisa taruh filenya pada direktori Plug-Ins yang ada di folder dimana anda menginstal Adobe Photoshop anda misal : C:/Program Files/Adobe/Adobe Photoshop CS3/Plug-Ins (Untuk Adobe Photoshopnya tidak harus CS3) terserah yang anda pakai versi berapa. Adobe Photoshop 7, CS1, CS2 bisa dipakai
3. Setelah itu copy file patch pada pada direktori C:/Program Files/Adobe/Adobe Photoshop CS3 /Plug-Ins/Imagenomic (Untuk Adobe Photoshopnya terserah yang anda pakai versi berapa tidak harus CS3 seperti yang saya pakai)  dan jalankan Program Patch, setelah program patch jalan klik pada kotak (tombol) patch. Selesai restart komputer anda.
Tutorial Edit Gambar :
1. Buka Program Adobe Photoshop
2. Buka gambar yang mau diedit
3. Klik Menu Bar yang ada di atas
klik Filter  —> pada bagian bawah sendiri
akan muncul Imagenomic (arahkan kursor anda pada tulisan tersebut)
—> Pilih Noiseware —-> klik
3. Setelah terbuka menu Noiseware pada setting pilih menu
Full (Stronger Luma Noise)
4. Pada Noise Level
Luminance —-> +8
Color —–> +2
5. Pada Noise Reduction
Luminance —-> 100%
Color —–> 100%
6. Pada Detail
Detail Protection
Luminance —-> 0
Color —–> 5
Detail Enhancement
Biarkan Default
7. Pada Frequency
Noise Level
High Freq : —–> +20
Mid Freq : —–> +20
Low Freq : —–> +15
Very Low Freq : —–> +7
8. Pada Noise Reduction
High Freq : —–> 100%
Mid Freq : —–> 100%
Low Freq : —–> 100%
Very Low Freq : —–> 100%
9. Pada Tonal Range
Semuanya diisi pada nilai maksimal
10 . Pada Color Range
Biarkan default
11. Klik OK dan sudah jadi seperti gambar yang ada dikanan
Jika anda mungkin lebih telaten dari saya anda bisa menghasilkan  gambar yang lebih bagus lagi. Untuk pengaturan yang diatas itu pengaturan yang saya lakukan pada gambar contoh diatas. Saya sarankan anda bereksperimen dengan mencoba beberapa pengaturan yang ada agar anda bisa menghasilkan karya yang lebih bagus lagi.
Bagaimana apakah anda sudah berhasil mengedit gambar menjadi lebih baik atau mungkin anda punya cara yang lain…?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar